Rabu, 04 November 2009

Soal Olimpiade SD

Banyak kompetisi matematika yang diadakan berbagai lembaa di Indonesia seperti OSN (Olimpiade Sain Nasional), IMSO (International Mathematic and Science Olympiad), PASIAD, dll. Berikut ini adalah  soal-soal olimpiade matematika dari Jogjabelajar.org, silakan didownload
Soal olimpade OSN 2003
Soal olimpade OSN 2004
Soal olimpade OSN 2005
Soal olimpade OSN 2006
Soal olimpade OSN 2007
Soal olimpade JSM 2006
Soal olimpade JSM 2007
Soal olimpade JSM 2008

Jumat, 10 Juli 2009

Penelitian Tindakan Kelas


Pengunjung yang terhormat, ada pertanyaan yang baik dari beberapa guru tentang PTK. Apa yang didapat guru bila melaksanakan PTK? Mengapa PTK dikembangkan?  Pertanyaan tersebut, tentu ada pula dalam pikiran bapak/ibu. Pada saat ini PTK memang mendapatkan perhatian yang cukup besar dalam dunia pendidikan, karena hasil-hasil dari PTK dapat langsung dimanfaatkan untuk meningkatkan atau memperbaiki kualitas pembelajaran di dalam kelas.     >>>>>

Beberapa pakar penelitian memberikan alasan mengapa PTK penting untuk dilakukan guru di sekolah.
1.  PTK menawarkan suatu cara yang baru untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan atau profesional guru dalam kegiatan pembelajaran kelas.
2.  Dengan PTK guru dapat melakukan  penelitian tentang masalah-masalah
     aktual yang mereka hadapi untuk mata pelajaran yang diampunya.
3.  Pada saat melaksanakan PTK guru tidak meninggalkan tugasnya.
4. PTK dapat  menjadi jembatan kesenjangan antara teori dan praktek.
5.  PTK dapat dilakukan oleh guru bersama-sama dengan pihak lain yang
terkait.
Selengkapnya download disini.


Naskah ini dikutip dari tulisan Bu Sukajati, P4TK Matematika Yogyakarta.

Sabtu, 20 Juni 2009

SD Unggulan AL-YA’LU raih peringkat tertinggi rata-rata UASBN 2009 se-Kota Malang

Alhamdulillah, SD Unggulan AL-YA’LU tahun 2009 ini berhasil menorehkan prestasi terbaik. Siswa kelas 6 mendapatkan nilai rata-rata hasil UASBN SD yang tertinggi yaitu juara 1  se-Kota Malang.

Nilai rata-rata sekolah hasil UASBN adalah 27,69 untuk 3 mata pelajaran: Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.
Ini pengalaman yang sangat baik dan wajib disyukuri, mengingat SD AL-YA’LU baru pertama kali mengikuti UASBN.
Pengelola Al-Ya’lu International Outlook School menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada:
  • Siswa-siswi kelas 6 atas kegigihannya dalam belajar hingga meraih prestasi ini.
  • Dewan guru AL-YA’LU yang dengan kasih sayangnya membimbing dengan tulus putra-putri didiknya.
  • Wali siswa dan semua pihak atas kepercayaannya kepada SD Unggulan AL-YA’LU.
Adapun hasil selengkapnya 10 sekolah peraih rata-rata UASBN tertinggi di Kota Malang 2009 adalah:

1.  SD Unggulan AL-YA’LU (27,69)

2.  SDN Blimbing 1     (27,32)
3.  SDN Blimbing 3     (27,32)
4.  SDN Tanjungrejo 3 (27,24)
5.  SD Islam Sabilillah (27,08)
6.  SDN Sawojajar 1    (26,86)
7.  SDN Sukun 3         (26,83)
8.  SDN Percobaan 1  (26,76
9.  SDN Purwantoro 1 (26,74)
10.SDN Bunulrejo 2    (26,51)

Rabu, 07 Januari 2009

Office

Jl. Teluk Madar 55 Arjosari, Kota Malang, East Java 65126
Telp. 0341-409798, 417598, Fax. 0341-417598
E-mail: alyaklu.unggul@gmail.com
Blog resmi : http://alyakluoutlookschool.blogspot.com atau http://al-yaklu.blogspot.com

Profil AL-YA’LU International Outlook School

Sekolah Berwawasan Internasional AL-YA’LU didirikan pada tahun 2003, dengan visi “Menjadi lembaga yang unggul di era global”. Membekali siswa dengan pengetahuan teori dan praktek serta berbagai aktivitas untuk mengembangkan semua aspek kemampuan mereka secara fisik, emosional, sosial, dan terutama, spiritual.

Fasilitas

Dilengkapi dengan Audio Visual Teaching Aid di semua ruang belajar dan tersedianya fasilitas penunjang lain, seperti laboratorium, perpustakaan, ruang pertemuan, kolam renang, dan arena bermain yang luas dapat memotivasi dan memberi semangat bagi siswa dalam belajar sepanjang hari.
Pembelajaran berbasis multimedia didukung oleh fasilitas belajar dan layanan yang excellent dengan program sekolah fullday yang memadukan Pendidikan, Kesehatan dan Gizi untuk mengoptimalkan potensi siswa.

Kurikulum

Menerapkan pola pembelajaran terpadu dari seluruh muatan kurikulum dengan pendekatan belajar yang bervariasi, serta dipadukan dengan kondisi lingkungan sekolah dalam rangka membekali siswa dengan berbagai bimbingan belajar, dan pengembangan diri. Hal ini memberi peluang bagi siswa untuk berkembang secara optimal sesuai dengan kemampuan belajarnya.
Kurikulum yang dipadukan dengan keunggulan sekolah juga memberi peluang bagi guru untuk lebih kreatif memperluas wawasan dan mengembangkan mutu pembelajaran baik kompetensi maupun kinerjanya.

Tenaga Pengajar

Guru-guru AL-YA’LU adalah para profesional yang memiliki komitmen terhadap kemajuan pendidikan dan dedikasi yang sempurna terhadap institusi. Lulusan dari berbagai perguruan tinggi terkenal di Indonesia dan diperkaya dengan pengalaman pelatihan secara internasional.
Tampilnya beberapa guru dengan gelar dan kemampuan doktor dapat berperan menjadi teladan dan motivator bagi semua guru yang secara sinergi menjadi inspirator bagi kemajuan siswa dan sekolah.

Tiga Pilar Pendidikan

Menyelenggarakan tiga pilar pendidikan yaitu Kebangsaan, Kecerdasan, dan Kemandirian untuk mencapai tujuan belajar yang sempurna, yaitu siswa diharapkan menjadi Pemikir yang Kritis, Pemecah Masalah, Pembicara Efektif, Pekerja yang Kolaboratif, Pembelajar yang Terarah, Pekerja Ilmu, dan Individu yang Toleran dan Berbudi Pekerti.


Program Jaminan Mutu

AL-YA’LU EDUTAINMENT

Pameran dan pertunjukan siswa meliputi kegiatan pengembangan diri dalam bidang bahasa dan seni, kerajinan, teater, olah raga, tae kwon do, elektro, informasi dan teknologi.

AL-YA’LU SMART ACCURATE CONTEST
Kompetisi dalam semua mata pelajaran sekolah.

AL-YA’LU FAIR
Perlombaan dan pameran kegiatan akademis dan pengembangan diri.

STUDY OF INTRODUCTION TO PROFESSION
Kunjungan ke pusat-pusat bisnis, teknologi dan informasi, lembaga pendidikan dan pemerintahan.

LANGUAGE CONTEST
Kejuaraan siswa dalam bidang bahasa Indonesia dan bahasa internasional yang meliputi lomba pidato, baca puisi dan berita, lomba bercerita dan teater.